? ??????????????Love Glows!? ????? ?????? ???Rating: 4.8 (12 Ratings)??172 Grabs Today. 4553 Total Grabs.
??????Get the Code?? ?? ?????Cherry Blossoms? ????? ?????? ???Rating: 4.5 (10 Ratings)??157 Grabs Today. 4960 Total Grabs. ??????Get the Code?? ?? ???????????? ????Easy Install Instructions:???1. CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS ?

Minggu, 03 Mei 2009

Quiz Sistem Operasi 12.4B.01 Irma Yuliana 12071927

1. Tiga Pengertian Sistem Operasi

1. Sebagai pelaksana perintah  Memberi abstraksi mesin tingkat tinggi yang lebih sederhana dan menyembunyikan kerumitan perangkat keras. Sistem Operasi menyediakan kerumitan perangkat keras. Sistem Operasi menyediakan system call ( API=Applisation Programming Interface) yang berfungsi menghindarkan kompleksitas pemrograman dengan memberi sekumpulan instruksi yang mudah digunakan.

2. Sebagai Pelaksana tataolah aplikasi  program aplikasi dijalankan di atas sistem operasi yang bertujuan untuk memanfaatkan dan mengendalikan sumber daya sistem computer secara benar, efisien, dan mudah dengan meminta layanan sistem operasi.

3. Sebagai pengelola sumber daya (Fisik & Abstrak)

Tujuan Sistem Operasi

Sstem oerasi membuat computer menjadi lebih mudah dan nyaman untuk digunakan.
Sistem Operasi memungkinkan sumber daya sistem computer untuk digunakan secara efisien.
Sistem Operasi harus disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengembangan yang efektif, pengujian dan penerapan fungsi baru tanpa mengganggu layanan yang sudah ada.

2. Sudut Pandang Sistem Operasi

1. Aspek Ukuran : Besar atau Kecil
2. Aspek Tujuan :
Umum : yang dibuat berlaku umum
Khusus : dibuat untuk hal / sesuatu.
3. Aspek Kegiatan
Jamak
Tunggal
Multi Programming
4. Struktur system Operasi


3. Kelas Sistem Operasi :

Kelas 1, pemakai tunggal
Kelas 2, operasi berbentuk tumpukan
Kelas 3, operasi olahan segera (realtime)
Kelas 4, operasi multi psoses
Kelas 5, operasi berbagi waktu dan multi programming
Kelas 6, operasi tersebar


4. Dalam Sistem Operasi pengaturan Sumber Daya meliputi :

Mengawasi status semua sumber daya yang dimiliki pada setiap saat.
Menegakan kebijaksanaan penjadwalan dan penjatahan pemakaian sumber daya sesuai dengan aturan – aturan tertentu.
Membagi sumber daya yang telah dialokasikan bila telah tiba pada saatnya sesuai dengan ketentuan.
Menerima atau menarik kembali sumber daya bila telah selesai dipakai atau dimanfaatkan kembali.
Dan hal yang diatur diantaranya adalah : Pengaturan memori, pengaturan prosesor, pengaturan peralatan I/O, & pengaturan Informasi (system file).


5. Struktur Dasar Sistem Operasi

1. Struktrur Sederhana : tidak memiliki struktur yang cukup baik, berukuran kecil, sederhana, contoh : MS-DOS, UNIX
2. Sistem Monolitik : sistem operasi sebagai kumpulan prosedur dimana prosedur dapat saling dipanggil oleh prosedur lain di sistem bila diperlukan.
3. Sistem Berlapis : teknik ini dibuat dengan merancang sistem operasi berbentuk modular.
4. Sistem dengan Mesin Maya (Virtual Machine) : Mirip dengan pendekatan berlapis dengan tambahan berupa antar muka yang menghubungkan Hardware dengan kernel untuk tiap-tiap proses.
5. Sistem Client-Server
6. Sistem Berorientasi Objek



6. Skema dasar sistem computer baik Hardware & Software










Perangkat Keras (Hardware)
Adalah komponen fisik computer yang terdiri dari rangkaian elektronik dan peralatan mekanis lainnya. Pada abstraksi tingkat atas terdiri dari empat komponen, yaitu :
Pemproses (Processor)
Memori Utama (Main Memory)
Perangkat masukan dan keluaran (device I/O)
Interkoneksi antar komponen  (user interface, device controller)

Perangkat Lunak (Software)
Merupakan komponen non fisik berupa kumpulan program beserta struktur datanya.
Program adalah sekumpulan instruksi yang disusun sedemikian rupa untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah tertentu sesuai dengan kebutuhan.

7. Pengaksesan Disk
Waktu Akses adalah waktu yang diperlukan oleh kepala baca untuk menulis atau membaca isi sector.
Terdiri dari 4 komponen waktu :
Waktu cari, waktu untuk mencapai lintas atau silinder yang dikehendaki.
Waktu mantap, waktu untuk hulu tulis baca menjadi mantap di lintas atau silinder.
Waktu latensi, waktu untuk mencapai hulu tulis baca
Waktu salur, waktu untuk menulis atau membaca isi sector
Serta gabungan waktu yaitu waktu inkuiri dan waktu pemutakhiran atau pergantian.

8. Pengaksesan Disk
Terdapat 7 algoritma pengaksesan disk :
1. Algoritma pertama tiba pertama dilayani (PTPD)
Proses pengaksesan akan dimulai secara berurutan sesuai dengan urutan tiba atau kedudukan antrian, contoh : dik. Antrian akses track dengan saat awal 50 13, 46,65,27,95,82,9,17,52,53,17,1,82,2,17,98,7
Langkah proses :
Dari 50 menuju ke lintasan 13, kemudian ke 46, ke 65, dan seterusnya. Setiap lintas yang dilalui dihitung.
2. Algoritma Pick Up
3. Algoritma waktu cari terpendek dipertamakan (WCTD)
4. Algoritma look
5. Algoritma Circular Look
6. Algoritma Scan
7. Algoritma Circular Scan

9. Proses di dalam Sistem Operasi

Proses merupakan konsep pokok di sistem operasi.
Tugas adalah bagian dari tataolah yang belum dijadwalkan untuk menemukan prosesor.
Proses adalah tugas yang telah dijadwalkan untuk menemukan prosesor.

Tugas  Proses  Prosesor

Sehingga dapat dikatakan proses adalah program yang sedang dieksekusi, memiliki sumberdaya-sumberdaya dan dijadwalkan sistem operasi, serta mengalokasikan sumberdaya keproses-proses sesuai kebijaksanaan untuk memenuhi sasaran sistem.

0 komentar: